KTI-SKRIPSI: 26. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester IV

26. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester IV

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Pendidikan memegang peranan kunci dalam perkembangan Sumber Daya Manusia dan insan yang berkualitas. Secara kuantitas, kemajuan pendidikan di Indonesia cukup mengembirakan, namun secara kualitas, perkembangan ilmu pengetahuan belum merata. Hal ini ditandai dengan adanya pengendalian mutu atau upaya-upaya untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan (Sukmadinata, 2007). Perkembangan global saat ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu merubah konsep berpikirnya. Konsep lama mungkin tidak sesuai dengan perkembangan saat ini , apalagi untuk yang akan datang. Untuk itulah perubahan selalu dilakukan sesuai dengan perkembagan zaman (Sulhan, 2006).

Sampai sekarang pendidikan masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru ataupun dosen sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar .Untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa ataupun mahasiswa yang tidak mengharuskan siswa ataupun mahasiswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi yang mendorong mahasiswa mengkontruksikan di benak mereka sendiri. Dalam proses belajar, seseorang dapat belajar dari pengalaman sendiri, mengkonstruksi pengetahuannya kemudian memberi makna pada pengetahuan itu. Melalui proses belajar yang mengalami sendiri,menemukan sendiri, secara berkelompok dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa (Burhanuddin dan Soejoto, 2006).
Selain itu masih banyak hal lain yang dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa antara lain yaitu motivasi dari orang tua dan orang sekitar, lingkungan, kelengkapan fasilitas belajar di rumah maupun pendidikan, perilaku mahasiswa itu sendiri dan lain-lain. Namun tidak semua mahasiswa mendapatkan hal tersebut dan akibatnya dapat mengurangi minat belajar mahasiswa (Sukmadinata, 2007). Di Akademi Kebidanan Imelda Medan minat belajar mahasiswa masih kurang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa semester IV yang mendapat hukuman akibat tidak hadir perkuliahan tanpa surat pemberitahuan. Hukuman yang diberikan bagi mahasiswa yang tidak hadir perkuliahan yaitu jika > 2 kali mahasiswa tidak hadir maka mahasiswa tersebut tidak diperkenankan untuk mengikuti ujian dan mahasiswa tersebut tidak mendapatkan izin keluar selama satu minggu. Namun demikian masih banyak juga mahasiswa semester IV Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009 yang tidak mengikuti perkuliahan. Selain itu terdapat 40 orang dari 70 mahasiswa yang memiliki IP <2,75 (standarisasi akademi kebidanan Imelda Medan). Oleh karena itu penulis merasa tertarik untuk meneliti tentang “Faktor-faktor yang berhubungan dengan minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah “Faktor-faktor apakah yang berhubungan dengan minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009”.

C. Tujuan Penelitian
a. Tujuan Umum
Untuk mengetahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009.
b. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009.
b. Untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009.
c. Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan minat belajar mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Imelda Medan tahun ajaran 2008/2009.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi Institusi /Tempat Penelitian
Sebagai bahan masukan bagi institusi Akademi Kebidanan Imelda Medan untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa.
2. Bagi Program D-IV Bidan Pendidik USU
Sebagai tambahan referensi bagi perpustakaan Program D-IV Bidan Pendidik USU.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya
Sebagai data awal untuk peneliti sejenisnya yang lebih kompleks.
4. Bagi Penulis
Sebagai aplikasi dan pengembangan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan terutama tentang peningkatan minat belajar mahasiswa.

Link download KTI lengkap ini
26. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester IV
KTI FULL

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...