KTI-SKRIPSI: 02.Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Aktivitas Seksual Selama Kehamilan

02.Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Aktivitas Seksual Selama Kehamilan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Hampir setiap pasangan selama sembilan bulan kehamilan akan mengalami beberapa perubahan dalam hubungan seksual mereka, terlepas dari apakah perubahan itu berupa sama sekali tidak adanya hubungan seksual atau menjadi sedikit tidak nyaman atau malah lebih baik dari biasanya (Eisenberg, 2005)
Pada salah satu penelitian 54% dari wanita melaporkan adanya penurunan libido pada trimester pertama. Pada satu kelompok wanita, hanya 21% yang tidak mengalami atau sedikit mengalami kenikmatan seks sebelum kehamilan. Presentasi wanita yang tidak mengalami kenikmatan seksual ini meningkat menjadi 41% pada minggu kedua kehamilan, dan 59% memasuki bulan kesembilan. Tetapi cukup menggembirakan bahwa penelitian juga menemukan bahwa lebih dari 4 dari 10 wanita masih menikmati seks pada saat ini dan lebih dari setengahnya dapat mengalaminya tanpa masalah (Eisenberg, 2005)
Walaupun ada perbedaan antara satu pasangan dengan pasangan lainnya. Pola naik turunnya minat seksual pada umumnya sama selama tiga trimester kehamilan. Bagaimanapun keletihan, mual, muntah dan nyeri tekan pada payudara membuat si calon ibu bukan pasangan yang baik di tempat tidur, namun pada beberapa wanita yang mengalami trimester pertama dengan nyaman, gairah seksualnya dapat bertahan sama seperti sebelumnya atau meningkat. Meskipun tidak selalu, minat seksual ini seringkali meningkat pada trimester kedua, ketika kedua pasangan secara fisik dan psikologis sudah lebih terbiasa dengan adanya kehamilan dan biasanya menurun kembali pada trimester ketiga atau mendekati persalinan, bahkan lebih drastis daripada yang terjadi pada trimester pertama, tentu karena beberapa alasan yang begitu jelas: pertama, membesarnya perut, nyeri dan rasa tidak nyaman pada kehamilan tua: dan ketiga, pada akhir trimester ketiga akan sulit untuk memusatkan perhatian pada hal lain karena kecemasan dan ketegangan menantikan saat yang ditunggu-tunggu (Eisenberg, 2005)

Satu masalah yang menganggu beberapa wanita adalah karena mereka tidak dapat berbaring terlentang pada saat hamil tua. Jika mereka berbaring dalam posisi ini akan membuat, tekanan darah akan turun dengan drastis. Keadaan seperti ini akan membuat mereka seperti pingsan, berkeringat dan pucat sekali. Kondisi semacam ini dikenal dengan nama “Sindroma hipotensif” dan disebabkan oleh penekanan uterus yang membesar (karena hamil) pada pembuluh darah besar (vena cava inferior), penekanan ini meyebabkan terhambatnya aliran darah dari bagian bawah ke jantung, jika berbalik ke posisi miring, gejala tersebut akan hilang dan wanita tersebut merasa lebih baik (Close, 2008)
Dari kenyataan diatas, sangat dianjurkan pasangat mencoba berbagai posisi pada kehamilan muda (apabila mereka belum pernah mencobanya selama itu). Dengan usaha tersebut diharapkan pada usia kehamilan tua, keduanya dapat menyesuaikan diri dengan lebih mudah. Mereka dapat misionari (yaitu, berhadapan dengan tubuh suami di atas si istri) (Close, 2008).
Berdasarkan data-data diatas penulis akan mengadakan penelitian dengan judul “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Aktivitas Seksual Selama Kehamilan”

1.2 Perumusan Masalah
Dari data diatas, maka penulis dapat merumuskan masalah, bagaimana gambaran pengetahuan Ibu tentang aktivitas seksual selama kehamilan ?

1.3 Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan Ibu tentang aktivitas seksual selama kehamilan.
2. Tujuan Khusus
Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang aktivitas seksual selama kehamilan.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi Peneliti
Untuk melakukan penelitian guna menambah pengetahuan tentang gambaran pengetahuan ibu mengenai aktivitas seksual selama kehamilan.

2. Bagi Profesi
Sebagai tambahan pengetahuan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusna guna untuk membantu memecahkan masalah klien.
3. Bagi Institusi
Sebagai tambahan pengetahuan bagi pendidikan supaya dapat mengembangkan penelitian pada penelitian selanjutnya.
4. Bagi Klien
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan klien tentang gambaran seksual selama kehamilan.


Link download artikel lengkap ini
02.Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Aktivitas Seksual Selama Kehamilan

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...