KTI-SKRIPSI: 04.faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku Merokok

04.faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku Merokok

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perilaku merokok adalah aktivitas subjek yang berhubungan dengan perilaku merokoknya (Avin, 2007). Meski semua orang tahu akan bahaya yang di timbulkan akibat merokok, Perilaku merokok tidak pernah surut dan tampaknya merupakan perilaku yang masih dapat di tolerir oleh masyarakat. Hal ini dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah, kantor, angkutan umum maupun di jalan-jalan. Hampir setiap saat dapat di saksikan dan di jumpai orang yang sedang merokok. Bahkan bila orang merokok di sebelah ibu yang sedang menggendong bayi sekalipun orang tersebut tetap tenang menghembuskan asap rokoknya dan biasanya orang-orang yang ada di sekelilingnya sering kali tidak perduli (mutadin, 2002). Dengan tingginya prevalensi perokok lebih dari 90% merokok dalam rumah menyebabkan banyak orang yang menjadi perokok pasif (terpaksa Menghirup asap rokok sekalipun mereka/tidak merokok), oleh sebab itu merokok dikatakan sebagai suatu masalah kesehatan masyarakat (Sirait, 2004).

Data SUSENAS ( Survei Sosial Ekonomi Nasional 2001) menyebutkan bahwa 54,5% penduduk laki-laki merupakan perokok dan hanya 1,2% perempuan yang merokok ,27 % penduduk berusia di atas 10 tahun menyatakan merokok. Peningkatan usia muda yang merokok, kelompok umur 25 – 29 tahun (75%) dan kelompok umur 20 – 24 tahun (84, 0%) (Johnson, 2000).
Dari hasil studi pendahuluan pada tanggal 4 bulan Februari 2007 melalui wawancara di RT.04 RW. 03 Desa Kauman Nganjuk terdapat 81 orang laki –laki yang merokok dari 108 warga yang berjenis kelamin laki-laki. Jumlah warga keseluruhan adalah 376 jiwa (sumber kepala RT. 04 RW. 03).
Ada banyak alasan yang melatar belakangi perilaku merokok, secara umum menurut Kurt Lewin, bahwa perilaku merokok selain di sebabkan Faktor-faktor dari dalam diri juga di sebabkan faktor lingkungan. Berdasarkan teori social cognitife learning dari Bandura. Menyatakan bahwa perilaku individu di sebabkan pengaruh lingkungan, individu dan kognitif. Perilaku merokok tidak semata-mata merupakan proses imitasi dan penguatan positif dari keluarga maupun lingkungan teman sebaya tetapi juga adanya pertimbangan-pertimbangan atas konsekuensi perilaku merokok (Avin,2007)
. Ada beberapa kerugian yang di timbulkan dari merokok diantaranya yaitu, dari aspek kesehatan ada 25 jenis penyakit yang di timbulkan karena merokok seperti emfisema, kanker paru, bronchitis kronis, dan penyakit paru lainya. Dari aspek akonomi, dengan berkurangnya hari bekerja karena sakit akibat merokok akan menurunkan produktifitas pekerja, dengan demikian jumlah pendapatan yang diterima akan berkurang dan pengeluaran meningkat untuk biaya berobat. Dari aspek sosial , merokok mempengaruhi lingkungan, orang lain, keluarga dekat. Seorang yang bukan perokok bila terus menerus terkena asap rokok dapat terkena dampak yang sama dengan perokok( Johnson, 2000 ).
Sudah seharusnya upaya menghentikan kebiasaan merokok menjadi tugas dan tanggung jawab dari segenap lapisan masyarakat serta tim kesehatan khususnya keperawatan, dengan usaha penerangan dan penyuluhan ,khususnya di kalangan generasi muda , dan dapat pula di gabungkan pada usaha penanggulangan bahaya narkotika,usaha kesehatan sekolah, dan penyuluhan kesehatan masyarakat pada umumnya ( Kompas, 30 Juni 2003 ).
Dari uraian di atas peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku merokok di RT. 03 RW. 04 desa Kauman Nganjuk.

1.2 Rumusan Masalah
Apakah faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku Merokok di RT.04 RW.03 Desa Kauman Nganjuk ?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Mempelajari faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku merokok di RT.04 RW. 03 Desa Kauman Nganjuk.
1.3.2 Tujuan Khusus
1. Mengidentifikasi perilaku merokok yang di sebabkan karena pengaruh orang tua yang merokok.
2. Mengidentifikasi perilaku merokok yang di sebabkan faktor kepribadian
3. Mengidentifikasi perilaku merokok yang di sebabkan pergaulan
4. Mengidentifikasi perilaku merokok yang di pengaruhi iklan rokok.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi Masyarakat
Diharapkan dari hasil penelitian ini masyarakat mendapat informasi tentang faktor – faktor yang mempengauhi perilaku merokok.
1.4.2 Bagi Perokok
Diharapkan dari hasil penelitian ini perokok dapat merubah perilaku merokoknya.
1.4.3 Bagi Peneliti
1.4.3.1 Dari hasil penelitian ini, Peneliti dapat mengetahui faktor faktor yang mempengaruhu perilaku merokok dan sebagi tambahan ilmu pengetahuan
1.4.3.2 Penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan program pendidikan tinggi Diploma III Keperawatan AKPER PGRI KEDIRI sebagai tugas akhir mahasiswa.
1.4.4 Bagi Peneliti Selanjutnya
Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber tambahan bagi peneliti berikutnya dan bahan perbandingan penelitian yang akan datang yang sejenis.

1.5 Batasan Masalah
Ruang lingkup penelitian ini di batasi pada faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku merokok di RT. 03 RW. 04 Desa Kauman Nganjuk.


Link download artikel lengkap ini
04.faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku Merokok

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...