KTI-SKRIPSI: 47. Formulir Persetujuan Penelitian Pengalaman Ibu Tentang Nyeri Post Partum Dengan Riwayat Sectio Ceasaria

47. Formulir Persetujuan Penelitian Pengalaman Ibu Tentang Nyeri Post Partum Dengan Riwayat Sectio Ceasaria

BAB 1

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Sectio caeseria adalah cara persalinan melalui pembedahan di perut dan di dinding uterus. Seharusnya keadaan ini dilakukan jika ibu dan janinnya dalam keadaan darurat dan hanya dapat diselamatkan melalui operasi. Bedah caesar yang tidak direncanakan biasanya baru diputuskan pada saat atau ketika persalinan berlangsung. Pemelihan persalinan melalui operasi dengan alasan yang beragam antara lain tidak tahan atau takut terhadap nyeri pada saat melahirkan. Banyak wanita yang tidak tahan memilih untuk menjalani operasi bahkan ada yang begitu mengetahui dirinya hamil sudah merencanakan untuk tidak bersalin normal dan melahirkan bayi dengan caesar (Oxorn, 2003)
Suatu tindakan operasi seringkali berhubungan dengan nyeri sehingga
menjadi masalah pada saat selesainya proses operasi. Nyeri tersebut sangat
mengganggu sebab menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pasien (Melvyn, 2006)
Nyeri merupakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan yang dirasakan seseorang terhadap stimulus tertentu dan tidak dapat dibagi kepada orang lain (Koizer, 2004). Nyeri yang dirasakan oleh setiap orang yang untuk melakukan persalinan lewat jalan operasi sedangkan manajemen nyeri merupakan suatu upaya untuk mengurangi nyeri ke tingkat yang lebih rendah.

Nyeri pada pasien post operasi merupakan nyeri akut yang belum banyak
dimengerti dan selalu dikelola dengan baik. Nyeri akibat operasi ini tidak hanya
memiliki komponen sensori berhubungan dengan rusak jaringan, tetapi juga
dipengaruhi oleh komponen psikososial dari pasien tersebut. Nyeri pada post operasi bisa menetap dan hilang timbul, semakin memburuk jika penderita bergerak, batuk, tertawa atau menarik nafas dalam (Koizer, 2004)
Berdasarkan survey pendahuluan yang pernah peneliti lakukan dirumah sakit umum sembiring Delitua pada bulan Januari sampai Maret tahun 2008 dari 125 ibu post partum dengan riwayat sectio caesaria merasakan sesuatu yang tidak nyaman, merasa nyeri, takut cemas dan sangat sulit untuk diajak melakukan aktivitas yang ringan seperti duduk dan berjalan setelah satu hari pasca operasi. Ibu-ibu belum banyak mengetahui bagaimana mengelola rasa nyeri sehingga ibuibu mengharapkan terapi farmakologi dari pada mengatasi dan mengelola nyeri dengan baik. Berdasarkan latar belakang inilah peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pengalaman ibu tentang nyeri post partum dengan riwayat sectio caesaria di Rumah Sakit Umum Delitua Tahun 2008.

1.2.Tujuan Penelitian
1.2.1. Tujuan Umum
Berdasarkan masalah penelitian yang telah ditetapkan maka tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui pengalaman ibu tentang nyeri post partum
dengan riwayat Sectio Caesarea di Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua Tahun
2008.
1.2.2. Tujuan Khusus
Untuk mengidentifikasi pengalaman ibu tentang nyeri pada Sectio Caesarea di Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua Tahun 2008.

1.3. Pertanyaan Penelitian
Bagaimana pengalaman ibu tentang nyeri post partum dengan riwayat Sectio Caesarea di Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua Tahun 2008.

1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian bagi :
1. Institusi Pendidikan
Sebagai bahan masukan bagi institusi program D-IV Bidan Pendidik di Fakultas Kedokteran USU tentang penelitian kualitatif yang berjudul pengalaman ibu tentang nyeri post partum dengan riwayat Sectio Caesarea di Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua Tahun 2008.
2. Bagi Bidan
Sebagai bahan masukan bagi tenaga medis agar dapat mengajarkan dan mengarahkan ibu untuk dapat mengurangi rasa nyeri setelah proses sectio caesaria secara nonfarmakologi.
3. Peneliti
Menambah pengetahuan dan wawasan peneliti dalam melaksanakan penelitian.
4. Pihak Rumah Sakit
Agar dapat memberikan pelayanan dan perawtan yang intensif pada ibu post partum dengan riwayat sectio caesaria untuk mengurangi rasa nyeri.

Link download KTI lengkap ini
47. Formulir Persetujuan Penelitian Pengalaman Ibu Tentang Nyeri Post Partum Dengan Riwayat Sectio Ceasaria
BAB I
BAB II
BAB III-V

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...