KTI-SKRIPSI: 02.pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah

02.pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Hospitalisasi merupakan pengalaman yang penuh tekanan, utamanya karena perpisahan dengan lingkungan normal. Reaksi anak pada hospitalisasi di dasarkan pada usia perkembangan dan pengalaman sebelumnya. Hospitalisasi anak memiliki efek yang mengganggu pada perkembangan mereka, pada saat penyakit tidak terlalu parah dan masa hospitalisasinya singkat maka pengaruh minimal, tetapi penyakit yang serius dapat menimbulkan pengaruh yang lebih berarti (Potter, Patricia , 2005 ).

Pengetahuan anak tentang hospitalisasi mempengaruhi persepsi dan respon individu terhadap Hospitalisasi. Perasaan mampu menangani stressor dapat mempengaruhi kemampuan dalam menghadapi ancaman stressor tersebut. Hal ini dapat juga mempengaruhi tingkah laku anak seperti protes, Menarik diri, agresi dan dapat menimbulkan perilaku negatif setelah pulang kerumah seperti mimpi buruk, sikap menjauh diri dan sikap tidak mau lepas dari orang tua. Perilaku tersebut merupakan reaksi kecemasan anak terhadap hospitalisas (Potter,Patricia 1995).
Kecemasan Merupakan keadaan dimana individu atau kelompok mengalami perasaan gelisah di dalam berespon terhadap ancaman yang tidak jelas ( Carpenito, 1995 ).
Kecemasan karena perpisahan , kehilangan kontrol, ketakutan terhadap tubuh yang di sakiti dan nyeri merupakan penyebab utama dari reaksi perilaku anak yang mengalami hospitalisasi. Orang tua yang tetap tinggal dengan anak yang di rawat di rumah sakit pada saat perawatan mereka membuat merasa lebih nyaman. Perawat yang ramah dan informatif dapat memberikan informasi tentang kecemasan terhadap keluarga dan anak. Kepercayaan orang tua terhadap perawat dapat di perkuat dengan usaha perawat untuk mengurangi rasa takut anak dan mengenali sumber takut tersebut ( Potter, Patricia , 2005 ).
Berdasarkan data yang di peroleh dari ruang anggrek RSUD Gambiran pada bulan september sampai november 2006, anak usia sekolah yang di rawat sebanyak 108 anak. Jumlah rata – rata anak usia sekolah perbulan yang di rawat, sebanyak 27 anak. Dari sekian banyak anak usia sekolah yang di rawat, reaksi anak terhadap hospitalisasi berbeda – beda mulai dari kecemasan ringan sampai dengan panik. Menurut kepala ruangan anggrek Reaksi kecemasan tersebut dapat mempengaruhi proses pengobatan sehingga perawat tidak kooperatif dengan prosedur perawatan.
Lama hospitalisasi dapat mempengaruhi tingkat adaptasi anak., Sehingga akan meningkatkan kecemasan. Reaksi kecemasan pada anak bervariasi. Kecemasan saat di hospitalisasi di pengaruhi oleh banyak faktor baik berhubungan langsung maupun tidak langsung. Kecemasan ini dapat berkurang apabila anak merasa nyaman. peningkatan kenyamanan sangat penting pada anak yang di rawat di rumah sakit. Rasa nyaman dan kebersamaan dengan orang tua dapat membantu mengurangi kecemasan yang di alami anak.
Berdasarkan uraian di atas masalah dari penelitian ini adalah adanya kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi di RSUD Gambiran kediri. Untuk itu peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah selama mereka di rawat di ruang anggrek RSUD Gambiran pada tahun 2007
1.2 Rumusan Masalah
Apakah ada pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah ?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan umum
Untuk mengetahui pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah.
1.3.2 Tujuan khusus
1.3.2.1 Untuk mengetahui tingkat kecemasan pada anak usia sekolah yang di rawat di RSUD Gambiran.
1.3.2.2 Untuk mengetahui lama hospitalisasi pada anak usia sekolah yang di rawat di RSUD gambiran .
1.3.2.3 Untuk mengetahi adakah pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah yang di rawat di RSUD Gambiran.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi peneliti
1.4.1.1 Sebagai bahan untuk memperluas pengetahuan tentang pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah.
1.4.1.2 Sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang di peroleh di bangku kuliah.
1.4.2 Bagi institusi
1.4.2.1 Sebagai referensi program DIII akademi keperawatan PGRI Kediri.
1.4.2.2 Sebagi bahan diskusi terutama di bidang keperawatan.

1.4.3 Bagi anak
Anak Dapat beradaptasi terhadap tingkat kecemasan yang timbul selama perawat di rumah sakit.

1.5 Batasan Penelitian
Untuk mengarahkan ruang lingkup penelitian, masalah yang di teliti dalam penelitian adalah pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah di RSUD Gambiran tahun 2007.

Link download KTI lengkap ini
02.pengaruh lama hospitalisasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah
BAB I-II
BAB III
BAB IV
BAB V

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...