KTI-SKRIPSI: 19.hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9

19.hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang diketahui, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Di Indonesia imunisasi merupakan sorotan utama dalam upaya program pencegahan dan pemberantasan penyakit infeksi yang saat ini berada pada tahap reduksi dengan pengendalian dan pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB). Sikap merupakan suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan berarti sikap seseorang terhadap suatu objek adalah perasaan mendukung atau memihak (favorable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavorable) pada objek tertentu. Dari hasil studi pendahuluan didapat dugaan bahwa adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan di Puskesmas Doko, Blitar.

Menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO) setiap tahunnya jumlah bayi yang diimunisasi terus meningkat dari hanya 5% pada 1974 menjadi 78% bayi pada 1998. Dari data di Puskesmas Doko Blitar, diketahui bahwa mulai tanggal 2 Agustus sampai tanggal 25 Oktober 2006 terdapat ibu-ibu membawa anaknya untuk diimunisasi di puskesmas Doko sebanyak 82 anak. Sedangkan mulai dari tanggal 2 Februari 2007 sampai tanggal 25 Oktober 2007 dengan jumlah 357 anak, jadi dari keseluruhan ini dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu membawa anaknya rata-rata tiap bulan kurang lebih jumlahnya 45 anak.
Proses penyakit dapat masuk dalam tubuh sehingga mengalami sakit. Berbagai penyakit yang dapat timbul akibat tidak diimunisasi antara lain penyakit TBC, Campak, Polio, Batuk rejan, Tetanus, Hepatitis dan lain sebagainya sehingga bisa menyebabkan penyakit berat yang membawa kecacatan pada anak bahkan berakhir dengan kematian. Salah satu upaya agar anak-anak jangan sampai menderita suatu penyakit adalah dengan jalan memberi kekebalan atau imunisasi. Dengan imunisasi ini tubuh akan membentuk zat antibodi, sehingga anak tersebut kebal terhadap penyakit. Imunisasi diberikan pada anak untuk melindunginya dari penyakit-penyakit berbahaya, yang sering kali dapat mengakibatkan cacat atau kematian. Pemberian imunisasi merupakan salah satu cara pencegahan penyakit, meskipun spesifik dan non spesifik terhadap berbagai penyakit (http:// vinadanvani.wordpress.com/04/08/2008)
Sikap atau respon positif orang tua (dalam hal ini terutama adalah ibu) dalam mengimunisasi anaknya akan mendukung untuk memiliki pengaruh pada pertumbuhan perkembangan anak, yaitu dapat mempengaruhi kualitas anak secara optimal. Dengan memberikan motivasi dan meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pentingnya imunisasi bagi anaknya, maka orang tua akan memiliki bekal dalam merawat serta mengasuh anaknya, dengan dasar-dasar pendidikan kesehatan akan mampu menciptakan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anaknya (Purwanto, 1999: 142)
Berdasarkan hal tersebut diatas dan mengingat pentinganya peran orang tua dalam pertumbuhan anak, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan di Puskesmas Doko, Blitar.
1.2 Rumusan Masalah
Apakah ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan di Puskesmas Doko, Blitar ?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan umum
Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan di Puskesmas Doko, Blitar ?
1.3.2 Tujuan khusus
a. Mengidentifikasi pengetahuan ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan Puskesmas Doko, Blitar
b. Mengidentifkasi usia ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9 bulan Puskesmas Doko, Blitar
c. Mengidentifkasi sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1 -9 bulan Puskesmas Doko, Blitar.
1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi responden
Hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat betapa pentingnya program imunisasi bagi anak.
1.4.2 Bagi institusi kesehatan
Untuk mengetahui secara langsung bagaimana pentingnya imunisasi bagi balita.



1.4.3 Bagi pendidikan
Sebagai referensi dalam mengembangkan Ilmu Keperawatan khususnya yang menyangkut pelayanan yang berhubungan dengan program-program mengenai imunisasi.
1.4.4 Bagi petugas kesehatan
Hasil penelitian dapat dipakai untuk meningkatkan pengetahuan terutama tentang pengetahuan memberikan informasi dan dorongan pada masyarakat tentang pentingnya imunisasi.
1.5 Batasan peneliti selanjutnya
Sebagai bahan masukan dan informasi awal bagi peneliti yang lain sehingga melakukan penelitian yang dibutuhkan di masyarakat pada umumnya dalam pemberian imunisasi.

Link download KTI lengkap ini
19.hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dalam mengimunisasi anaknya yang berumur 1-9
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...