KTI-SKRIPSI: 05.pengaruh tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus

05.pengaruh tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Ganggren pada etrimitas bawah merupakan suatu komplikasi bagi pasien dengan Diabetes Melitus. Penyembuhan luka yang lambat dan meningkatnya kerentanan terhadap infeksi cenderung terjadi dan ganggren dapat berkembang serta terdapat risiko tinggi perlu dilakukannya amputasi tungkai bawah (Morison, 2003 : 181).

Ada 3 alasan mengapa orang dengan Diabetes lebih tinggi risikonya mengalami masalah kaki, yaitu : sirkulasi darah dari tungkai yang menurun (gangguan pembuluh darah), berkurangnya perasaan pada kedua kaki (gangguan saraf), berkurangnya daya tahan tubuh terhadap infeksi (Vivi : 2006), perawatan kaki yang baik bagi seorang yang menderita Diabetes diperlukan. Guna menghalangi terjadinya ganggren (Beale & Wong, 1996 : 12). Hygiene yang baik sangat lah penting bagi pasien Diabetes untuk mencegah timbulnya infeksi (Long, 1996 : 49). Pasien harus dibantu untuk menjaga agar kulitnya selalu bersih dan kering, khususnya di daerah yang lembab. Karena pada tempat tersebut beresiko terjadinya luka akibat gesekan dan infeksi jamur. Perawatan preventif juga harus dilakukan pada kaki – kaki yang harus dibersihkan, dikeringkan, diminyaki (kecuali pada celah antara jari dan kaki) dan sering diperiksa (Smeltzer, 2001 : 1280). Kaki pasien Diabetes dapat mengalami sakit pembuluh darah kecil dan hilangnya rasa sakit karena terjadi kerusakan pada saraf. Hal ini akan menyebabkan lambatnya penyembuhan dan mudah terkena trauma dan terjadi infeksi (Beale & Wong, 1996 : 12), selalu menjaga kebersihan dapat mencegah terjdinya infeksi. (Atikel Kesehatan, 2006).
Berdasarkan data dari ruang Rekam Medik RS Babtis Kediri pada bulan Januari sampai Desember 2006 diperoleh data pasien Diabetes Melitus sebanyak 264 pasien dan pasien Diabetes Melitus dengan ganggren sebnyak 58 pasien. Jumlah rata – rata per ruangan untk pasien DM 86 pasien dan pasien DM dengan ganggren 19 pasien. Atas dasar situasi yang ada maka perawat dituntut mampu untuk membantu masalah terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus.
Pasien yang terkena Diabetes merupakan intruksi perawatan kaki yang tepat. Banyak komplikasi yang dapat dihindari jika pasien dimotivasi untuk melaksanakan perawatan kaki yang tepat sebagai bagian dari hygiene mereka setiap hari. (Patria dan Anne, 2005 : 1366). Kaki Diabetes yang tidak dirawat dengan baik akan mudah mengalami luka. Luka ini dapat menjadi parah bahkan menjadi ulkus ganggren bila tidak ditanggulangi. (Vivi, 2006). Kadang – kadang telambatnya pengobatan kaki dapat menyebabkan ganggren. Jika ganggren tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan amputasi.
Kenyataan yang ada di lapangan saat ini, tindakan mandiri perawat dalam memberikan tindakan pencegahan tejadinya ganggren sudah dilakukan tetapi belum optimal. Tindakan pencegahan yang dapat digunakan oleh perawat salah satunya adalah dengan tindakan personal hygiene yang tepat. Dari uraian diatas maka penulis tertarik untuk meneliti pengaruh personal hygiene tehadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus.

1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan dari masalah yang ada diatas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
Adakah pengaruh tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus.

1.3 Tujuan
1.3.1 Tujuan Umum
Menjelaskan pengaruh tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus.
1.3.2 Tujuan Khusus
1.3.2.1 Pengaruh melakukan tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus
1.3.2.2 Pengaruh tidak melakukan tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus
1.3.2.3 Membandingkan terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus antara
melakukan tindakan personal hygiene dengan yang tidak melakukan personal hygiene.






1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi Pasien
Dapat mencegah terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus.
1.4.2 Bagi Perawat
Dapat meningkatkan asuhan keperawatan secara komprehensif teutama dalam memberikandukungan untuk melakukan pencegahan terjadinya ganggren pada Diabetes Melitus.
1.4.3 Bagi Institusi
1.4.3.1 Rumah Sakit
Dapat menjadi masukan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih berkualitas bagi pasien yang menjalani rawat inap terutama bagi pasien Diabetes Melitus.
1.4.3.2 Pendidikan
Dapat menambah wawasan mahasiswa tentang pelaksanaan tentang personal hygiene pada pasien Diabetes Melitus.
1.4.4 Bagi penulis
Penelitian ini menjadi dasar dalam melakukan penelitian selanjutnya tentang tindakan personal hygiene secara lebih komprehensif.

Link download artikel lengkap ini
05.pengaruh tindakan personal hygiene terhadap terjadinya ganggren pada pasien Diabetes Melitus
BAB I-II
BAB III
BAB IV
BAB V

1 comment:

  1. siiiiiiiiiiiippppp...
    mantab gan!!!
    banyakin agi ya judul2nya....

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...