KTI-SKRIPSI: 16.hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok

16.hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Akademi Keperawatan Lumajang adalah salah satu akademi keperawatan yang memiliki status terakreditasi A dengan sistem kuliah yang sangat padat. Dimana kegiatan perkuliahan dilakukan mulai pagi sampai siang, kadang tak jarang sampai sore hari. Hal ini membuat para mahasiswa merasa jenuh. Apalagi ketika musim ujian datang tak sedikit mahasiswa yang merasakan stres psikologis. Berbagai macam cara yang dilakukan untuk mengatasi stres psikologis, salah satunya dengan merokok.

Stres psikologis itu sendiri adalah respon tubuh terhadap stressor dari segi psikologis. Sumber dari stres psikologis antara lain yaitu frustasi, konflik, tekanan ataupun krisis. Stres psikologis ini juga tak jarang terjadi pada usia dewasa dini. Hal ini dikarenakan pada masa dewasa dini merupakan periode penyesuaian diri terhadap pola-pola kehidupan dan harapan-harapan sosial baru (Maramis, 2004 : 65).
Masa muda (youth) adalah istilah ahli sosiologi Kenneth Kenniston untuk periode transisi antara masa remaja dan masa dewasa yang merupakan masa perpanjangan kondisi ekonomi dan pribadi yang sementara. Dua kriteria yang diajukan untuk menunjukkan akhir masa muda dan permulaan dari masa dewasa awal adalah kemandirian ekonomi dan kemandirian dalam membuat keputusan (Santrok, 2002 : 73).
Di Indonesia usia 21 tahun dianggap sebagai batas kedewasaan, batas tersebut timbul secara historis dan tidak mutlak dapat juga pada umur 18 atau 25 tahun.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia kepada sejumlah remaja dewasa di atas 13 tahun didapatkan bahwa dengan merokok akan merasa dewasa, bisa timbul ide-ide atau inspirasi, lebihi berkonsentrasi dan tenang. Di samping itu merokok dapat memberikan gairah seseorang untuk terus bersemangat dan memberikan pelarian yang enak bila seseorang marah, frustasi ataupun gelisah sebab rokok akan bertindak sebagai penenang. Faktor-faktor stres psikologis inilah yang banyak mempengaruhi kebiasaan merokok (Hans Tandra, 2003 : 1).
Dilema ini juga terjadi di lingkungan mahasiswa Akademi Keperawatan Lumajang. Dari studi pendahuluan dilakukan oleh peneliti pada 15 mahasiswa laki-laki, ternyata didapatkan 86% mahasiswa laki-lakinya merokok saat menghadapi masalah / stres. Hal ini menjadi dasar diadakannya penelitian untuk mengetahui secara nyata apakah ada hubungan antara stres psikologis dengan perilaku merokok dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada dewasa usia dini.

1.2 Rumusan Masalah
Apakah ada hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok di Akademi Keperawatan Lumajang Tahun 2005.

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Mengetahui apakah ada hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok di Akademi Keperawatan Lumajang.

1.3.2 Tujuan Khusus
1. Mengidentifikasi stres psikologis pada dewasa dini di Akademi Keperawatan Lumajang.
2. Mengidentifikasi tentang perilaku merokok pada dewasa din di Akademi Keperawatan Lumajang.
3. Menganalisa hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi Responden
Dapat mengatasi masalah dengan cara yang positif.
2. Bagi Institusi (Akademi Keperawatan Lumajang)
Dalam upaya mengurangi jumlah perokok di lingkungan Akademi Keperawatan Lumajang dengan mengadakan program tertentu terhadap larangan merokok.
3. Bagi Peneliti Lain
Sebagai bahan atau sumber dasar bagi peneliti yang akan melakukan penelitian lebih lanjut.

Link download KTI lengkap ini
16.hubungan antara stres psikologis pada dewasa dini dengan perilaku merokok
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...