KTI-SKRIPSI: 12.Gambaran Tehnik Ibu Menyusui

12.Gambaran Tehnik Ibu Menyusui

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Menyusui merupakan proses alam yang sudah ada semenjak makhluk hidup berjenis mamalia pertama kali hadir dimuka bumi ini.
Menyusui merupakan sebuah proses yang terjadi secara alami. Dengan kata lain, jarang sekali seorang Ibu mengalami kegagalan atau tidak mampu menyusui bayinya. Namun demikian, menyusui juga harus dipelajari, terutama oleh Ibu-Ibu agar mereka tahu tehnik menyusui yang benar. Antara lain, belajar bagaimana cara memegang bayi agar ia dapat menyusui dengan baik, serta cara mengatur posisi tubuh agar Ibu merasa nyaman selama proses laktasi (Retno Wahab Supriyadi, Ayah Bunda)

Dari hasil studi pendahuluan pada bulan September 2007 di wilayah Desa Branggahan RT. 02 / RW.04 Dusun Budimulya Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri di wilayah Desa RT 02 / RW 04 Dusun Budi Mulya Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dari 20 ibu terdapat 11 Ibu yang menyusui.
. Akibat dari menyusui yang kurang efektif atau tidak benar yaitu ASI yang di minum bayi hanya sedikit, bayi merasa tidak nyaman, bayi menangis. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi apabila para Ibu telah mengetahui tentang tehnik menyusui ASI, oleh karena itu para Ibu perlu memperbanyak informasi tentang tehnik menyusui. Dengan cara perkenalan yaitu memberi ASI sesuai kebutuhan bayi, mencari posisi yang nyaman bagi Ibu dan bayi, menawarkan kedua payudara, meggunakan baju longgar dan langkah-langkah yang baik dalam tehnik menyusui yaitu persiapan mental dan fisik, persiapan tempat dan alat, memcuci tangan sebelum menggendong bayi, tidak menjadwal proses menyusui. Dengan demikian Ibu diharapkan mengetahui tehnik menyusui ASI (Serba Serbi Menyusui)
Dari kegiatan diatas, maka penulis tertarik mengadakan penelitian yang berjudul “Gambaran Tehnik Ibu Menyusui”. Dengan cara menyebar brosur tentang tehnik menyusui yang benar, ke Posyandu,ibu-ibu PKK,ibu-ibu arisan,mendemontrasikan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian dalam latar belakang tersebut diatas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut “ Gambaran Tehnik Ibu Menyusui di RT. 02/RW. 04 Dusun Budimulya Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri? ”

1.3. Tujuan Penelitian
1.3.1. Tujuan Umum
Mengetahui Gambaran Tehnik Ibu Menyusui di RT. 02/RW. 04 Dusun Budimulya Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri
1.3.2. Tujuan Khusus
1.3.2.1 Mengidentifikasi Gambaran Tehnik Ibu Menyusui : persiapan alat, posisi, waktu menyusui, kondisi saat menyusui, cara menggendong, menyendawakan.
1.4. Manfaat Penelitian
1.4.1. Bagi Peneliti
Sebagai tambahan ilmu dimana peneliti dapat menilai tingkat pengetahuan Ibu tentang tehnik menyusui ASI yang benar.
1.4.2. Bagi Masyarakat
Sebagai bahan tambahan informasi bagi masyarakat tentang pentingnya tehnik menyusui ASI yang benar.
1.4.3. Bagi Peneliti Lebih Lanjut
Peneliti lebih lanjut dapat memberikan data sehingga bermanfaat untuk mengembangkan hasil penelitian yang berhubungan dengan tehnik menyusui ASI agar lebih baik.
1.4.4. Bagi Pendidik
Sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi dunia pendidikan tentang tehnik menyusui ASI ditinjau dari tingkat pengetahuan.
1.4.5. Bagi Ibu
Ibu dapat mengerti dan melaksanakan bagaimana tehnik menyusui ASI yang benar.
1.4.6. Bagi Institusi Kesehatan
Sebagai bahan tambahan dalam melakukan penyuluhan tentang tehnik menyusui ASI.

1.5. Batasan Penelitian
Penelitian ini dibatasi sebagai berikut: mempelajari bagaimana Gambaran Tehnik Ibu menyusui di RT. 02 / RW. 04 Dusun Budimulya Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Bulan Maret 2008.


Link download artikel lengkap ini
12.Gambaran Tehnik Ibu Menyusui

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...