KTI-SKRIPSI: 13.Gambaran Teknik Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III

13.Gambaran Teknik Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dalam keluarga khususnya seorang ibu, kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu – tunggu. Secara umum pada masa – masa kehamilan banyak mengalami perubahan fisik, alat reproduksi-nya, maupun psikologisnya. Seperti pada muka timbul kecoklatan, alat kandungan makin besar, payudara makin besar dan keras (Manuaba, 1998). Begitu juga pada saat kehamilan trimester III , payudara akan semakin besar dan keras karena adanya retensi air, lemak serta berkembangnya kelenjar payudara dan juga kadang - kadang keluar kolostrum. Tetapi pada kenyataanya masih ada ibu hamil yang kurang paham tentang teknik perawatan payudara sehingga dapat menimbulkan beberapa masalah (www.infoibu.com.2007).

Menurut hasil survey rumah tangga tahun 2000 oleh Badan Statistik, dengan jumlah rata – rata masing – masing propinsi daerah survey 54 % ibu hamil telah memanfaatkan pelayanan kesehatan perawatan payudara. Sedangkan survey data awal yang diperoleh di BPS. Ny. Darmining sudah dilakukan penyuluhan tentang teknik perawatan payudara tapi pada kenyataanya data yang didapat dari 20 orang ibu hamil trimester III masih ada 2 orang yang mengalami abses, 3 orang ASI (Air Susu Ibu) tidak keluar dan 2 orang putingnya tidak menonjol. Dari data – data diatas menunjukkan masih kurang tercapainya program tersebut.
Efek negatif tidak melakukan perawatan payudara dan teknik perawatan payudara yang salah pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya ASI tidak keluar, puting susu kadang tidak menonjol, produksi ASI sedikit, infeksi pada payudara, payudara bengkak, muncul benjolan di payudara, terjadi mastitis dan abses. Dengan timbulnya beberapa masalah tersebut maka dapat menyebabkan terganggunya proses pemberian ASI pada calon buah hati. (www.infoibu.com.2007).
Dalam menyikapi hal tersebut diatas maka diperlukan penyuluhan kesehatan tentang perawatan payudara, tentang petunjuk tempat-tempat dimana dapat memperoleh informasi, petunjuk teknik perawatan payudara yang didemokan bersama-sama sehingga ibu hamil paham dan dapat mempraktekkan-nya dirumah.
Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Gambaran Teknik Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III di BPS Ny. Darmining Desa Campurejo Kecamatan, Mojoroto Kota Kediri.”

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
Bagaimanakah gambaran teknik perawatan payudara pada ibu hamil trimester III di BPS Ny. Darmining Desa Campurejo, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1 Tujuan Umum
Mengetahui gambaran teknik perawatan payudara pada ibu hamil trimester III.
1.3.2 Tujuan Khusus
1.3.2.1 Mengidentifikasi tentang persiapan alat sebelum melakukan perawatan payudara.
1.3.2.2 Mengidentifikasi tentang pelaksanaaan perawatan payudara.
1.3.2.3 Mengidentifikasi tentang evaluasi setelah melakukan perawatan payudara.

1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi Ibu
1.4.1.1 Ibu dapat mengerti dan melaksanakan perawatan payudara .
1.4.1.2 Ibu secara dini mampu mempersiapkan gizi bagi bayi
1.4.2 Bagi Institusi ( Pendidikan )
1.4.2.1 Menambah pengetahuan tentang perawatan payudara khususnya pada trimester III
1.4.2.2 Sebagai masukan khususnya yang berkaitan dengan perawat sebagai fasilitator yang professional.
1.4.3 Bagi Peneliti
1.4.3.1 Sebagai bahan atau sumber data untuk penelitian.
1.4.3.2 Sebagai pemacu peneliti untuk melakukan penelitian yang lebih lanjut.

1.5 Batasan Penelitian
Untuk mengarahkan ruang lingkup penelitian maka masalah yang diteliti ini dibatasi pada gambaran teknik perawatan payudara pada ibu hamil trimester III di BPS Ny. Darmining Desa Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.


Link download artikel lengkap ini
13.Gambaran Teknik Perawatan Payudara pada Ibu Hamil Trimester III

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...