KTI-SKRIPSI: 34.Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perawat

34.Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perawat

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Kinerja perawat merupakan hal yang paling diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit. Produktivitas dalam keperawatan dihubungkan dengan penggunaan perawatan klinis yaitu dalam penyampaian asuhan keperawatan dapat terhindar dari pemborosan, ketidakefektifan perawatan serta ketepatannya (Swanburg, 2000 ; 59). Perawat adalah pekerja yang berpengetahuan. Kebutuhan ekonomis dasar mereka berhubungan dengan kebutuhan manusia lain atau dengan nilai-nilai manusia.

Melaksanakan pekerjaan dengan kesulitan yang sama dan menginginkan penghargaan ekonomis yang sama nilainya dengan pekerja berpengetahuan yang lain. Pembayaran merupakan bagian dari dimensi sosial atau psikologis dari perawat. Mereka juga menginginkan peningkatan kedudukan, kekuatan dan status yang sepadan dengan pekerja berpengetahuan yang lain (Swanburg, 2001 ; 349).
Kinerja merupakan suatu yang dicapai atau prestasi yang diperlihatkan (KKBI edisi 2, 1991). Kebutuhan seseorang untuk mencapai prestasi merupakan kunci dalam suatu motivasi dan kepuasan kerja. Motivasi seseorang akan timbul apabila mereka diberi kesempatan untuk mencoba dan mendapat umpan balik dari hasil yang diberikan. Oleh karena itu penghargaan psikis dalam hal ini sangat diperlukan agar seseorang merasa dihargai dan diperhatikan serta dibimbing manakala melakukan suatu kesalahan (Nursalam, 2002 ; 100).
Kinerja perawat dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor intern yang melekat dalam diri individu maupun faktor ekstern yang berasal dari lingkungannya yang mana kedua faktor tersebut saling mendukung satu sama lain. Faktor intern meliputi motivasi, pendidikan, dan pengalaman sedangkan faktor ekstern meliputi sarana dan prasarana, kepemimpinan, birokrasi dan peraturan atau kebijakan (Swanburg, 2000 ; 59).
Penilaian kinerja merupakan alat yang paling dapat dipercaya oleh manajer perawat dalam mengontrol sumber daya manusia dan produktivitas. Proses penilaian kinerja dapat digunakan secara efektif dalam mengarahkan perilaku pegawai dalam rangka menghasilkan jasa keperawatan dalam kualitas dan volume yang tinggi. Perawat manajer dapat menggunakan proses penilaian kinerja untuk mengatur arah kerja dalam memilih, melatih bimbingan perencanaan karir, serta pemberian penghargaan kepada perawat yang berkompeten (Nursalam, 2002 ; 307).
Dari studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di bulan Agustus 2005 di Rumah Sakit Dr. Haryoto Lumajang dari 10 perawat didapatkan 3 orang mempunyai pengalaman lebih dari 5 tahun dan 7 orang berpengalaman kurang dari 5 tahun. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti terdapat 4 orang yang kurang memanfaatkan jam kerjanya secara optimal, dan 6 orang memanfaatkan jam kerjanya secara optimal.
Dari berbagai fenomena diatas peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang “Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perawat di RS Dr. Haryoto Lumajang”.


1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas dapat dirumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut, “Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perawat di RS Dr. Haryoto Lumajang tahun 2005”.

1.3. Tujuan Penelitian
1.3.1. Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor intern (motivasi, pengalaman) dan faktor ekstern (sarana dan prasarana) yang mempengaruhi kinerja perawat di RS. Dr. Haryoto Lumajang tahun 2005.
1.3.2. Tujuan Khusus
1.3.2.1. Mengidentifikasi faktor intern (motivasi, pengalaman) dan faktor ekstern (sarana dan prasarana) di RS. Dr. Haryoto Lumajang tahun 2005.
1.3.2.2. Mengidentifikasi kinerja perawat di RS. Dr. Haryoto Lumajang tahun 2005.
1.3.2.3. Mengidentifikasi pengaruh faktor intern (motivasi, pengalaman) dan faktor ekstern (sarana dan prasarana) terhadap kinerja perawat di RS. Dr. Haryoto Lumajang tahun 2005.

1.4. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi :
1.4.1. Institusi Terkait
Memberikan masukan bagi Rumah Sakit dalam meningkatkan kinerja perawat dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perawat.
1.4.2. Peneliti
Memberikan pengalaman dalam pelaksanaan penelitian dan mengetahui faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perawat.
1.4.3. Peneliti selanjutnya
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau data tambahan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti tentang kinerja perawat.


Link download artikel lengkap ini
34.Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja perawat

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...